Thursday 19 November 2015

Spesies Baru dari Hewan Marsupial Ditemukan di Australia

Menurut para peneliti di Universitas Charles Darwin (CDU)- yang mengatakan mereka takut marsupial bisa terancam oleh penurunan dramatis dari jumlah dan keragaman mamalia di utara Australia selama 20 tahun terakhir -, marsupial yang belum memiliki nama itu memiliki wajah lebih panjang dan lebih tipis dari ‘sugar glider’.
"Belum ada yang pernah mempelajari marsupial terbang di sini sebelumnya," kata Profesor Sue Carthew dari CDU, bagian dari tim berburu, pemantauan dan pelacakan marsupial terbang untuk pertama kalinya di Australia utara.
Para peneliti CDU mengatakan, marsupial tanpa nama ini punya wajah yang lebih panjang dan tipis ketimbang ‘sugar glider’. (Foto: Kate Freestone)
Para peneliti CDU mengatakan, marsupial tanpa nama ini punya wajah yang lebih panjang dan tipis ketimbang ‘sugar glider’. (Foto: Kate Freestone)
Ia lantas menuturkan, "Dan selalu ada anggapan bahwa ini adalah apa yang disebut sebagai ‘sugar glider’ dan temuan kami mengatakan ini bukan, ini sesuatu yang baru.”
"Spesies ini memiliki wajah lebih panjang dan lebih tipis, yang lebih menyerupai marsupial terbang spesies lainnya, yang disebut tupai terbang," tambahnya.
Penelitian tentang ancaman terhadap mamalia darat pernah dilakukan, namun belum ada penelitian tentang marsupial terbang di Australia utara, ujar Profesor Sue.
Ia mengatakan, pelacakan radio dan pemantauan populasi akan membantu mengidentifikasi ancaman utama terhadap marsupial terbang, seperti kucing liar.
"Kami perlu mengetahui apakah jumlah marsupial terbang juga menurun, seperti mamalia darat, atau apakah mereka masih baik-baik saja," sebutnya.
Kandidat doktoral, Alyson Stobo-Wilson, akan mempelajari bagaimana hewan ini mengatasi rezim api yang berbeda, serta mempelajari lebih banyak tentang habitat, pola makan dan distribusi mereka di seluruh Australia.
"Kami bahkan tak tahu apa yang mereka makan atau pohon apa yang mereka tinggali. Mereka punya beberapa gigi yang cukup mengesankan untuk melewati kulit pohon, tapi mereka tetap cantik,” jelas Alyson.
Ia menyambung, "Dan Anda harus bangun sangat pagi untuk memeriksa perangkap itu ... tapi tak sulit untuk meyakinkan diri anda sendiri untuk bangun, ketika Anda mungkin bisa melihat marsupial terbang kecil yang indah ini."
Sumber: http://elshinta.com/news/21898/2015/08/10/spesies-baru-dari-hewan-marsupial-ditemukan-di-australia

No comments:

Post a Comment