Wednesday 26 August 2015

Apa itu In Pouch dan Out of Pouch?

Saat sugar glider dewasa sesudah kawin mereka akan punya baby ada 2 fase yang terjadi yaitu IP(In Pouch) dan OOP(Out of Pouch). Biasanya baby yang dihasilkan sebanyak 2 ekor atau 1 ekor, sangat jarang yang menghasilkan 3 ekor. Istilah IP dan OOP untuk yang baru denger biasanya akan tidak paham, saya dulu juga seperti itu. Maksudnya gmn tuh?

IP (in pouch)

IP atau in pouch adalah masa dimana baby sugar glider (joey) masih berada di dalam kantung induknya setelah dilahirkan. setelah dilahirkan bayi sugar glider akan berjalan ke kantung induknya dan tinggal di sana sampai saat ia independent (tidak lagi menyusui ke induknya).

Cara mengetahui Sugar glider sudah IP adalah dengan meraba pada bagian kantung induk betina, jika sudah biasanya anda akan merasakan ada
benjolan kecil di dalamnya seperti biji kacang hijau. Setelah sekitar 16 hari benih tersebut akan berkembang dan joey akan keluar dan langsung masuk ke dalam pouch induk, dengan di tandai induk sering menjilat daerah sekitar kantong untuk membersihan bekas darah dan lendir. Saat fase tersebut Sugar glider anda sedang dalam keadaan In Pouch, perlahan perut akan membesar dan kadang menghitam. Fase In Pouch kira-kira sekitar 2 bulan, Untuk pemula biasanya akan khawatir saat sugar glider glidernya pertama kali hamil, sebenarnya anda tidak perlu khawatir, selagi menunggu anda tetap harus memberi asupan nutrisi setiap hari nya, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh untuk tumbuh kembangnya. Dan untuk sementara anda jangan membawa sugar glider anda pergi dahulu, biarkan di dalam kandang saja untuk aman nya biar mereka tidak stress. Dan anda harus mengawasi setiap hari jika joey di reject karena biasanya ada induk yang menjatuhkan babynya saat dalam masa IP dan belum memiliki bentuk yang sempurna, saat terjatuh induk tidak akan mengambil kembali jadi anda harus membantu memasukkan kedalam kantung induknya. Jika dalam kandang anda menyetting ada beberapa betina anda harus memisahkan atau menyendirikan yang sedang hamil agar tidak dimakan oleh betina yang lain. Kalau cuma sepasang anda tidak perlu memisahkannya. Karena si jantan akan membantu si betina mengasuh babynya.







OoP (out of pouch)

OoP atau out of pouch adalah saat dimana joey sudah tidak lagi berada di dalam kantung induknya. Yaitu dimana telah melewati masa IP selama 2 bulan, karena pouch induknya mulai tidak cukup meski kadang joey masih sesekali masuk ke dalam kantung induknya untuk menyusui. joey akan membuka mata setelah sekitar kurang lebih 20 hari OOP, dan mulai merangkak keluar dari hidding. saat ini induk akan terlihat sangat kurus, anda harus memberi makan yang banyak dan nutrisi yang cukup, Pada masa OOP joey mulai memperlihatkan corak bulunya semakin hari semakin tebal. OoP adalah kondisi dimana joey setengah independent dan hampir siap untuk dipisahkan dengan induknya untuk menempati kandang baru. Saat OoP usia sugar glider anda harus menghitung mulai dari nol (0) bukan di akumulasikan dari masa IP. Sugar glider OoP akan menyusui kurang lebih selama 1,5 sampai 2 bulan.




No comments:

Post a Comment