Wednesday 26 August 2015

Perbedaan sugar glider jantan dan betina

Pecinta Sugar glider Indonesia sekalian, sebelum mengadopsi sugar glider kita harus tau bagaimana membedakan sugar glider jantan maupun betina. Sugar glider jantan dan betina secara kasat mata kita lihat akan tampak sama, ketika saat pertama kali mengadopsi kita akan sulit membedakan. Namun jika membeli pada breeder mereka akan menjelaskan semuanya sehingga kita mengerti.


Apa Sih perbedaan Sugar glider jantan dan betina ??


Jantan

Sugar glider jantan akan mulai mengalami perubahan fisik kira-kira pada usia 5 bulan yaitu dikepala bagian atas akan mengalami kebotakan namun tidak semua hanya dibagian tengah. Seiring bertambahnya umur sugar glider tersebut, botak dikepala akan semakin jelas. Kebotakan tersebut dikarenakan mulai tumbuhnya kelenjar bau yaitu pada bagian kepala dan pada garis dileher. Dan bau tersebut cukup menyengat hal itu digunakan untuk menandai teritorinya. Urine pejantan juga cukup bau karena juga untuk menandai daerahnya.




Betina


Perbedaan yang sangat mencolok adalah sugar glider betina memiliki kantung seperti kanguru. Sedangkan sugar glider jantan tidak punya. Kantong yang dimiliki sugar glider betina berfungsi untuk melindungi, menjaga dan menyusui anaknya. Baby sugar glider ini atau sering kita sebut joey. Saat masa kehamilan mulai dari benih hingga bayi sugar glider mulai terbentuk mereka akan tingga terus didalam pouch yang biasa disebut IP (In Pouch) dan saat baby sugar glider mulai terlihat bulu-bulunya mereka akan sering kita lihat berada diluar dan terlihat sering ada diluar pouch atau yang biasa disebut OOP (Out Of Pouch). Jumlah anaknya yang dihasilkan biasanya antara 1 hingga 3 ekor, namun yang paling umum adalah menghasilkan 2 ekor.




Klasifikasi Umur sugar glider?

Dewasa

Pada umumnya sugar glider dewasa pada umur 2 tahun untuk jantan dan untuk betinanya 7 hingga 15 bulan. Namun ada sugar glider jantan yang bias kawin mulai umur 5 bulan karena sudah birahi.


Joey

Sugar glider joey adalah sugar glider yang masih berusia bayi atau anakan. Sugar glider disebut berusia joey jika ia belum menginjak usia 3 bulan. Biasanya joey sudah bias diadopsi pada umur 1,5 bulan dan harus mulai dipisah dengan induknya.

Remaja

Sugar glider remaja dimana ketika sugar glider telah menginjak usia lebih dari 2 bulan. Sugar glider ini masih dalam tahap tumbuh kembang dan membutuhkan nutrisi dan protein yang cukup, karena jika keurangan nutrisi dan protein dalam tumbuh kembangnya akan terlihat ukurannya berbeda dengan sugar glider yg lain.

Untuk pemula lebih baik mengadopsi dari joey karena lebih mudah untuk membondingnya.

No comments:

Post a Comment