Thursday 27 August 2015

Perbedaan Tupai Terbang dan Sugar Glider

Sugar glider dan tupai terbang adalah hewan yang berbeda walaupun ciri-cirinya ada yang sama untuk para pemula harus berhati-hati, karena jika tidak akan kena tipu. Pengalaman pribadi saat mencari sugar glider dipasar hewan sang penjual malah memberi tupai terbang. Bagaimana ciri-ciri sugar glider dan tupai terbang?

Tupai Terbang

Tupai terbang atau Flying Squirrel memiliki bulu sangat tebal dengan mata gelap yang sangat besar, karena tupai terbang adalah hewan nokturnal (aktif saat malam). Di bagian sisi tubuh mereka di antara kaki depan dan kaki belakang terdapat membran tipis seperti kulit ditutupi bulu yang digunakan untuk

melayang. Keluarga tupai terbang memiliki banyak jenis yang tersebar di dunia. Diketahui terdapat 15 genus tupai terbang : Aeretes, Aeromys, Belomys, Biswamoyopterus, Eoglaucomys, Eupetaurus, Glaucomys, Hylopetes, Iomys, Petaurillus, Petaurista, Petinomys, Pteromys, Pteromyscus, dan Trogopterus. Yang terbesar adalah spesies tupai terbang berbulu (Eupetaurus cinereus). Habitat tupai terbang beragam tergantung jenis dan penyebarannya. Untuk Glaucomys volans biasanya ditemukan di selatan dan timur Amerika Serikat. Di Indonesia, tupai-tupai terbang tersebar di hampir semua pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Hylopetes winstoni (Sumatran Flying Squirrel) adalah tupai terbang asli Indonesia yang mendiami hutan pulau Sumatera. Tupai terbang berkembang biak sekali setahun biasanya di bulan Mei atau Juni. Masa kehamilan tupai terbang sekitar 40 hari dimana jumlah anak yang dilahirkan antara 2-6 ekor. Sejak dilahirkan, anak-anak tupai terbang akan dirawat dan dilindungi oleh induk betina mereka hingga mereka mampu meninggalkan sarang. Induk jantan tidak berpartisipasi dalam mengasuh keturunan mereka. Anak tupai terbang terlahir gundul, mata tertutup, dengan kulit berwarna merah transparan. Berat bayi tupai terbang berkisar antara 3-6 gram dengan panjang 60 mm. Setelah 2 minggu berat mereka akan bertambah menjadi 10-15 gram. Sekitar usia 4 minggu, mata anak tupai sudah mulai terbuka dan tubuh mereka sudah sepenuhnya ditumbuhi bulu dengan berat badan 25 gram dan panjang 15 cm. Di minggu-minggu selanjutnya, anak tupai mulai berlatih melompat dan melayang. Setelah 7 minggu tupai terbang remaja sudah bisa melayang hingga 1,8 m, dan akan benar-benar mandiri setelah berusia 12 minggu.Tupai terbang akan dewasa secara seksual sekitar 1-2 tahun dan siklus kembali berulang.



Tupai Terbang
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mamalia
Subclass: Eutheria (hewan berplasenta)
Ordo: Rodentia (hewan pengerat)
Family: Sciuridae (tupai)
Subfamily: Pteromyinae (tupai terbang)
Genus: Glaucomys
Spesies: volans





Ciri Sugar glider bisa dilihat di Mengenal sugar glider

Sugar Glider
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mamalia
Subclass: Marsupialia (hewan berkantung)
Ordo: Diprotodontia
Family: Petauridae
Genus: Petaurus
Spesies: breviceps







Kesimpulannya Sugar glider dan tupai terbang :

Kesamaan

  • Sesama hewan nocturnal yang hidup dimalam hari (noctural)
  • Sama-sama memiliki selaput antara kaki depan dan belakang, digunakan untuk melompat dari pohon ke pohon yaitu dengan melayang.
Perbedaan

  • Nama ilmiah Sugar glider adalah Petaurus Breviceps, sedangkan tupai terbang/Flying Squirrel berbeda-beda karena banyak jenis spesiesnya, mungkin yg biasa diperjual belikan Petinomys sagitta (Bajing Terbang Jawa).
  • Walaupun di indonesia rata-rata sugar glider dan tupai terbang memiliki warna dasar abu-abu tetapi sugar glider memiliki ciri khusus yaitu ada garis hitam dipunggungnya dari kepala hingga ekor.
  • Wajah tupai terbang lebih mirip Bajing kelapa sedangkan Sugar Glider sedikit mirip Kuskus.
  • Ekor tupai terbang mengembang dan dan datar sedangkan SG membulat/ terangkat naik.
  • Sugar Glider tu bukan jenis bajing gan tapi Marsupilai alias Hewan berkantung kayak kangguru, jadi kalau anaknya lahir langsung masuk ke kantung ibunya.
  • Harga tupai terbang lebih murah daripada sugar glider.
  • Sugar Glider berasal dari Papua dan Australia atau negara lainnya. Dibanyak negara sugar glider sudah dilindungu. Sedangkan tupai terbang hampir ada disemua hutan Tropis.
  • Sugar glider memiliki bau khas, karena mempunyai kelenjar bau.
Foto Tupai Terbang




4 comments:

  1. Sama Kaya Gw Lu Gan Mau Beli Sugar Glider Malah Dikasih Tupai Terbang

    ReplyDelete
  2. Sama Kaya Gw Lu Gan Mau Beli Sugar Glider Malah Dikasih Tupai Terbang

    ReplyDelete
  3. Gw jg bli sg d kasih fs.. gpp lahh.. murah ini.. trus masih baby pula.. hhhehee

    ReplyDelete