Tuesday 25 August 2015

Jenis-jenis Sugar Glider

Jenis Sugar Glider cukup banyak ada yang berwarna abu-abu, putih, cream cokelat, putih kekuningan hingga kombinasi-kombinasi warna, tentunya itu sangat unik. Sugar glider yang beragam ini tentunya bukan berasak dari Indonesia tetapi berasal dari berbagai negara. Kalaupun ada di Indonesia dulunya itu mereka mengimpor dari negara lain dan mengembangbiakannya sendiri. Sedangkan sugar glider yang berasal dari Indonesia hanyalah jenis Classic grey. Mari kita bahas tentang jenis-jenis tersebut. 

Ada berapa jenis Sugar Glider?



  1. Classic Grey 
    merupakan salah satu jenis Sugar Glider yang paling umum kita temui di Indonesia. Oleh karena itu banyak para pecinta hewan memelihara jenis Sugar Glider ini. warna bulunya didominasi dengan warna abu-abu dengan dikombinasikan dengan warna putih. Namun, warna putih biasanya hanya terdapat dibagian dada, sebagian telapak tangan, dan sebagian dibagian wajahnya. 
  2. White face
    sugar glider ini mirip dengan classic grey namun dari namanya sudah bisa kita ketahui jenis sugar glider white face memiliki warna putih diwajah lebih dominan dibanding classic grey. Dan kita bisa membedakan mana white face mana classic grey.
  3. White tip
    White yang artinya putih diujung berarti dapat kita ketahui sugar glider ini memiliki ekor berwarna putih di ujung namun bisa saja warna putih tidak di ujung tetapi menyebar di ekor. secara fisik mirip dengan classic grey atau white face.
  4. Mosaic,
    memiliki corak warna lebih banyak warna putih dan ada guratan corak/garis berwarna abu-abu tipis. Guratan tersebut bisa terdapat dibagian punggung, kepala atau ekor. Ada banyak jenis dan variasi sugar glider mosaic, berikut beberapa contohnya :


  5. Leucistic
    memiliki warna putih bersih di seluruh tubuh tak heran banyak mengira mereka adalah tikus putih. Namun bisa jadi warnanya tidak putih bersih dan terdapat kombinasi-kombinasi dikarenakan perkawinan silang.
  6. Albino 
    Sugar glider jenis ini tidak memiliki pigmen warna di tubuhnya, menjadikan setiap inci tubuhnya berwarna putih dan matanya berwarna merah. Sugar glider albino mirip dengan leucistic yang membedakan hanyalah matanya. Arti Albino sendiri adalah salah satu bentuk dari hypopigmentary congenital disorder. Albinism adalah suatu kelainan pigmentasi kulit bawaan, dikarenakan kurang atau tidak adanya pigmen melanin di dalam kulit. Keadaan tersebut bersifat genetik atau diwariskan.
  7. Platinum,
    Yaitu 
    sugar glider yang bercirikan berwarna silver terang. Warna mereka terkadang adalah warna dan karakteristik varian lain dengan dominasi silver terang.
  8. Creamino
    Dari namanya kita bisa menebak sugar glider ini Memiliki warna bulu cream atau cokelat dan matanya merah seperti albino (jadi disingkat Creamino) dan memiliki garus coklat ditubuhnya.
  9. Pie bald

    Pie bald yang artinya belang-belang yaitu sesuai dengan namanya sugar glider ini memiliki warna belang-belang di daerah terentu secara acak tidak teratur  dari daerah berpigmen besar putih dan patch berpigmen gelap. Biasanya yang dapat mengalami hal tersebut adalah sugar glider mosaic.

No comments:

Post a Comment